Rabu, 27 April 2016

cara pembuatan amoniasi jerami

Bahan – bahan :
·         15 kg jerami padi kering udara
·          870 gram urea
·         5 liter air
Peralatan :
·         2 lembar kantong plastik ukuran 100 x 150 cm dengan ketebalan 0,4 mm
·         1 buah ember
·          1 timbangan
·          1 alat pengaduk
Cara pembuatannya:
·          Kantong plastik langsung dilapis dua dengan cara memasukan lembar pertama ke dalam lembar kedua. Tujuan merangkap plastik ini ialah agar lebih kuat dan menghindarkan kebocoran.
·         Seluruh jerami dimasukkan dalam plastik agak dipadatkan dengan cara menekan jerami tersebut didorong dengan tangan tapi tidak boleh diinjak karena palstik dapat pecah atau sobek
·          Larutkan 870 gram urea ke dalam ember yang berisi 5 liter air dengan cara diaduk sampai benar-benar larut hingga tidak ada lagi butir-butir urea yang terlihat.
·          Siramkan larutan urea tersebut kedalam kantong plastik yang berisi jerami dengan ember agar lebih mudah dan merata, sampai seluruh larutan tersebut habis.

·          Tutup dahulu kantong plastik lapis dalam dengan cara mengikat bagian atasnya. Kemudian baru kantong plastik ini dapat disimpan di tempat yang telah disediakan ditempat yang cukup aman. Setelah 1 bulan kantong platisk sudah dapat dibuka, kemudian dianginkan selama 2 hari sebelum diberikan pada ternak  (Nista, D et all, 2010).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar